Categories
Pendidikan

Empirisme Pendidikan Klasik

Empirisme Pendidikan Klasik

Empirisme Pendidikan Klasik

Latar Belakang Empiris

Sosok empiris adalah seorang filsuf Inggris John Lock, yang hidup tahun 1632-1704. Teorinya dikenal sebagai Tabulae Rasae (meja lilin), yang menyatakan bahwa anak-anak yang lahir di dunia seperti kertas putih bersih. Dia akan menulis nuansa dan lingkungan di kertas putih. Aliran empirisme bertentangan dengan bawaan sejak lahir karena berpendapat bahwa perkembangan anak-anak pada orang dewasa tidak pernah ditentukan oleh lingkungan atau pendidikan dan pengalaman yang telah mereka terima sejak kecil. Orang dapat dilatih dalam segala hal (baik atau buruk) atas permintaan lingkungan atau pendidik.

Pandangan Optimisme Pedagogis

Dalam pendidikan, pandangan kaum empir dikenal sebagai optimisme pedagogis. Aliran empirisme dianggap sepihak karena hanya menekankan peran pengalaman dari lingkungan. Meskipun keterampilan dasar yang dibawa seorang anak sejak lahir tidak dianggap menentukan, menurut kenyataan dalam kehidupan sehari-hari, ada anak-anak yang sukses karena mereka berbakat, bahkan jika lingkungan tidak mendukung mereka.

 

Contoh Keberhasilan Pendidikan Empirisme

Keberhasilan ini berasal dari kapasitas yang berasal dari mereka dalam bentuk kecemasan atau kemauan yang sulit, dan anak berusaha untuk mendapatkan lingkungan yang dapat mengembangkan keterampilan atau kemampuan yang sudah ada di dalamnya. Misalnya: keluarga kaya ingin memaksa anak-anak mereka menjadi pelukis dengan semua alat yang dibeli dan pendidik ahli. Tetapi dia gagal karena anak itu tidak memiliki kemampuan untuk melukis. Akibatnya, konflik terjadi pada anak-anak, mereka memiliki kesulitan pendidikan, dan hasilnya tidak optimal.

 

 

Sumber : https://materi.co.id/